Seperti yang Anda ketahui saat ini bahwa
media sosial memiliki peran yang amat besar dalam kehidupan masyarakat.
Hampir semua orang baik dari yang muda sampai yang tua memiliki akun
pada salah satu media sosial, entah itu instagram, facebook, twitter
atau yang lainnya. Hal ini mengakibatkan peran media sosial dalam
pemasaran sangat diandalkan. Anda pun tahu bahwa ada banyak sekali
pengusaha online yang menggunakan media sosial sebagai sarana baginya
untuk mendapatkan lebih banyak uang, karena setiap harinya orang-orang
sangat aktif dalam media sosial sehingga bisa membuat pemasaran menjadi
semakin efektif. Jika Anda sedang berencana untuk membuat sebuah event
yang berkaitan dengan pemasaran bisnis Anda, maka Anda baiknya
menggunakan media sosial untuk mempromosikan event Anda tersebut.
1. Promosikan Dengan Menggunakan Video
Untuk membuat calon konsumen Anda tertarik dengan event yang
akan Anda adakan maka Anda bisa membuat ilustrasi tentang event tersebut
dalam bentuk sebuah video. Tentunya dalam video tersebut harus dapat
mewakili keseluruhan event dengan sebaik-baiknya. Anda harus dapat
membuat video tersebut dengan teknik videografi yang menarik agar
orang-orang mau menonton video tersebut. Di dalam video tersebut harus
menginformasikan tentang event itu, tujuan diadakannya, apa saja yang
ada di dalamnya, siapa yang memeriahkannya dan tentu saja apa yang akan
orang-orang dapatkan dalam menghadiri event tersebut. Dengan video yang
baik yang dapat menampung semua informasi tersebut maka Anda kemudian
bisa mengunggahnya melalui media sosial seperti youtube misalnya.
2. Lakukan Give Away
Anda tentu juga sudah pernah mengenal tentang give away bukan?
Ini adalah salah satu cara untuk menaikkan kepopuleran dari event yang
akan Anda adakan dengan gratis dan mudah. Saat Anda melakukan give away
maka Anda harus menghadiahkan tiket gratis atau barang-barang yang
berkaitan dengan event sebagai hadiah, kemudian para pengguna internet
yang ingin mengikuti give away diharuskan membagikan kontent/video/foto
tentang event secara resmi dari pihak penyelenggara, akun yang paling
banyak membagikan atau yang paling banyak mendapatkan like maka akan
berhak menerima hadiah give away tersebut. Cara ini benar-benar terbukti
sangat efektif dalam meningkatkan promosi event.
3. Gunakan Google Ads
Jika Anda memiliki akun Google+ maka tidak akan sulit untuk
Anda mempromosikan event yang akan Anda laksanakan dengan memanfaatkan
google Ads, tentunya dalam membuat iklan ini maka Anda harus dapat
membuat kata-kata persuasif dalam iklan agar bisa lebih menarik para
pengguna internet yang kebetulan melihat google ads yang Anda buat, akan
lebih baik jika akun Anda memiliki banyak pengikut sehingga akan lebih
banyak pula yang melihat iklan tersebut.
4. Wawancara Pengisi Acara Pada Event Tersebut
Salah satu yang membuat audiens mau menghadiri sebuah event
adalah karena pengisi acara atau bintang tamu yang dihadirkan dalam
event tersebut, maka dari itu sebagai salah satu strategi untuk membuat
event menjadi semakin meriah dan dihadiri banyak audiens, maka Anda bisa
mewawancarai si pengisi acara atau bintang tamu pada acara tersebut
untuk menyampaikan beberapa patah kata yang kemudian direkam dalam
bentuk video dan dibagikan secara meluas melalui media sosial. Para
penggemar pengisi acara tersebut tentunya akan dengan senang hati datang
ke event yang dihadiri oleh artis idolanya tersebut, sehingga semakin
banyak audiens yang datang ke event Anda tersebut.
5. Sosialisasikan Melalui Web Atau Blog
Jangan lupa semua tahapan yang telah Anda lakukan tersebut,
Anda perkuat kembali dengan mengisinya ke dalam web atau blog Anda,
sehingga dalam blog atau web Anda akan terdapat semacam kesimpulan dan
rangkuman tentang promosi event Anda. Pengguna internet yang membuka web
atau blog juga bisa meningkat jika Anda mengisi semua kontent tersebut
ke dalam blog atau web tersebut, semakin banyak pengunjungnya maka
tentunya keberhasilan event Anda nantinya akan semakin meningkat apalagi
dibantu dengan berbagai macam promosi melalui media sosial yang sudah
Anda lakukan tersebut. Jangan lupa pada blog atau web Anda sertakan
grafik dan desain yang disesuaikan dengan tema event Anda, sehingga saat
membuka web atau blog itu maka pengunjung akan langsung mengingat
tentang event yang akan diadakan.
ADS HERE !!!